Memperbaiki Remote Control yang Tidak Berfungsi

Remote control yang tidak berfungsi memang agak sepele, misalnya pada televisi, kalau remote-nya tidak berfungsi cukup membeli universal remote control yang tersedia di pasaran maka selesai sudah permasalahan. Tapi pernahkah terfikir bagaimana cara memperbaiki remote control tidak berfungsi?

Kalau kita bisa mengutak-atik remote control tentu akan lebih menghemat pembelanjaan daripada harus beli remote control yang baru, selain itu sebagian merek TV atau DVD tidak menyediakan remote yang sesuai atau tidak dapat di ganti dengan remote universal.

Nah tidak ada salahnya kita coba bongkar sendiri dan sevice remote control yang tidak berfungsi tadi, yang pertama di lihat tentu saja baterainya. Pastikan kalau baterai masih bagus. Kemudian periksa juga apakah terminal baterai yang terhubung dengan PCB solderannya ada yang renggang, lebih baik kalau di solder ulang. Sering di temui remote yang tidak berfungsi gara-raga crack pada solderan terminal baterai tadi.

Kemungkinan lain adalah tombol/ keypad yang terbuat dari karet dan memiliki lapisan karbon (lapisan berwarna hitam), tombol ini kalau terlalu lama di pakai bisa aus pada lapisan konduktornya. Cara mengakalinya adalah dengan melapisi bagian yang berwarna hitam (yang nantinya bersentuhan dengan jalur PCB), yaitu melapisinya dengan bahan konduktor. Lebih mudahnya dengan kertas bekas bungkus rokok yang memiliki lapisan berwarna kuning. Kertas tadi di gunting sesuai ukuran tombol kemudian di lem menggunakan power glue. Cara ini cukup tepat untuk mengakali tombol remote bahkan tombol keyboard sekalipun.

Yang terakhir adalah kerusakan pada lampu infrared yang bentuknya mirip lampu LED (baca juga: pengertian LED), dan pada kristalnya. Kalau bagian ini tidak berfungsi ya harus di belikan sparepart yang baru.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Memperbaiki Remote Control yang Tidak Berfungsi"

Note: Only a member of this blog may post a comment.