Fungsi Tombol BRILL Dan RANGE Pada Radar


Kita akan membahas mengenai cara mengoperasikan radar, khususnya pada fungsi tombol BRILL dan RANGE pada radar, tapi sebelum kita melangkah lebih jauh ke pembahasan kita kali ini saya mau tanya dulu nih apa artikel kemarin yaitu cara menghidupkan radar sudah mahir belum? Oww kalau belum ada baiknya sobat klik dulu link berikut, fungsi tombol power pada radar, supaya ilmunya sobat tersambung.

Oke langsung aja kita ke pembahasan utama kita kali ini, fungsi tombol BRILL PADA RADAR atau untuk lebih jelasnya perhatikan tombol yang saya linkari pada gambar berikut:

fungsi tombol BRILL pada radar

Jadi fungsi tombol BRILL Pada radar ialah untuk mencerahkan dan meredupkan cahaya pada layar radar, kalau misalnya tampilan layar radar tidak jelas alias gelap sekali sobat sobat cukup menekan tombol BRILL beberapa kali, maka layar akan berubah menjadi terang, dan sebaliknya jika sobat hendak meredupkan-nya maka tekan kembali tombol BRILL itu beberapa kali, maka layar akan berubah menjadi gelap kembali, jadi sobat tinggal kontrol saja bagai mana cahaya yang sobat inginkan. Karena biasanya kalau kita jaga di anjungan dan pada saat musim gelap, dan kalau perangkat navigasi tidak di kurangi cahayanya, terkadang banyak sekali bayangan cahaya di depan yang nampak kayak lampu navigasi, dan terkadang kita tidak bisa melihat dengan jelas kedepan, maka kalau sobat dalam keadaan seperti ini maka sobat tinggal kurangi cahaya layar pada radar itu dengan menekan tombol BRILL beberapa kali.

Oke sobat saya rasa pembahasan mengenai fungsi tombol BRILL pada radar sudah bisa sobat pahami, dan selanjutnya mari kita melangkah ke pembahasan selanjutnya yaitu fungsi tombol RANGE pada radar.

oke jadi langsung aja ke point pertama, cobalah sobat perhatikan tombol yang saya linkari di bawah!

range pada radar


Jadi jelaskan sobat bahwa tombol RANGE pada radar itu ada dua bagian, di sebelah kiri-nya tanda kurang dan di sebelah kanan-nya tanda tambah, dan itu artinya kalau di tekan yang bagian kiri pada tombol itu maka jarak target pada layar akan berubah. untuk lebih jelasnya silahkan di perhatikan gambar di bawah sobat.

GAMBAR TARGET PADA RADR
Pada gambar diatas sobat kita bisa lihat bahwa jarak target yang ada pada layar adalah enam (6) mile, dengan tiga (3) lingkaran dan satu lingkaran pada gambar itu adalah dua (2) mile, dan itu bisa kita baca pada sudut kiri atas {6/2NM}, dan untuk merubah-nya kepada target yang lebih jauh lagi sobat cukup tekan tombol RANGE pada bagian kanan (+)  maka tampilan layar akan berubah seperti pada gambar berikut.

TARGET RADAR

Pada gambar di atas kita bisa lihat ada  bahwa jarak target yang di jangkau oleh radar itu adalah 12 mile dengan empat (4) lingkaran dan satu lingkaran pada gambar itu adalah tiga (3) mile. Atau bisa kita baca pada sudut kiri atas { 12/3NM }

Sumber : trikmudahbernavigasi.blogspot.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Tombol BRILL Dan RANGE Pada Radar"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.